Situs Goa Pawon Mulai Dilirik Menjadi Objek Wisata Daerah

Objek wisata goa pawon

Goa pawon adalah sebuah goa yang terbentuk secara alami,goa pawon konon masih ada keterkaitanya dengan mitos cerita sangkuriang , goa pawon yang artinya GOA (guha) PAWON (dapur),dalam bahasa sunda .

Secara struktur goa pawon terbuat dari batuan kapur ,goa pawon bertempat di desa gunung masigit,kecamatan cipatat,kabupaten bandung barat,goa pawon sangat mudah di jangkau oleh alat transfortasi umum.

Dulu tidak terawat

Goa pawon dulu sangat tidak terawat, di awal tahun 2007 goa pawon masih tertutupi rumput ilalang, dan akses menuju goa tersebut masih sangat sulit,belum banyak masyarakat yang tertarik untuk berwisata ke goa pawon dikarenakan sulitnya untuk menuju tempat tersebut.

Di awal tahun 2013 goa pawon mulai di kenal para wisatawan bahkan tak sedikit para wisatwan yang tertarik dengan keunikan goa tersebut, goa pawon mempunya bentuk yang sangat unik , ada banyak lubang goa di dalamnya ,Dipintu masuk pertama kita akan di sugihi dua lobang goa yang sangat besar ,sekitar 10 sampai 15 meter .

Daya tarik utama

Kerangangka manusia purba ,salah satu daya tarik dari goa pawon adalah penemuan kerangka manusia purba yang berumur sekitar 9500 tahun yang lalu ,dalam mitos masyarakat setempat manusia kerangaka manusia purba tersebut di percaya sebagai ” nyai dayang sumbi ” yang bersembuyi dari kejaran anaknya sendiri yaitu sangkuriang menurut mitos .

Atap goa yang bolong atau berlubang, selain kerangka manusia purba goa pawon memiliki daya tarik yang lain yaitu atapnya yang berlubang serta menjadi sarang dari kelelawar buah.

Tempat berfoto yang asik ,struktur dan bentuk goa yang sangat unik menjadi goa pawon sering dijadikan tempat berfoto,dari mulai pera remaja ,orang tua ,dan anak anak sangat menyukai tempat wisata goa pawon. Harga yang murah ,tiket masuk 5000 rupiah/orang dan tempat yang mudah di jangkau ,menjadikan goa pawon tempat favorit wisata daerah yang baru khususnya bagi warga kabupaten bandung barat .